√ Peralatan Navigasi di Kapal - Nehandblogs | Tutorial Cara Membuat BLOG Cantik KEREN SEO

Peralatan Navigasi di Kapal

Nehandnews.com - Peralatan Navigasi di Kapal, Sesuai dengan peraturan International SOLAS 1974 dan Colreg (collison regulation 1972) bahwa seluruh kapal yang berlayar harus dilengkapi dengan peralatan peralatan Navigasi sebagai berikut :

Peralatan Navigasi di Kapal

A. Lampu Navigasi
B. Kompas magnent 
C. Peralatan Navigasi lainnya
D. Radio/ GMDSS
E. Echo sounder
F. GPS, fax dan Navtex
G. Radar kapal dan Inmarsat
H. Engine Telegraph, telepon internal dan sistim pengeras suara

KETERANGAN :

A. Lampu Navigasi / Navigation light
Lampu navigasi dipasang dikapal sesuai dengan peraturan Colreg (collision regulation 1972) dan dinyalakan pada mlam hari dan pada saat cuaca gelap untuk mengetahui arah kapal,
B. Kompas magnet / Magnetic compass
Kompas magnet merupakan kompas utama sebagai alat untuk menentukan arah kapal, kompas dipasang di anjungan kapal atau di geladak kompas diatas anjungan. Kompas magnet harus selalu dikoreksi, karena kemungkinan pengaruh logam sekitar magnet. Untuk kepentingan pembacaan dimalam hari, rumah kompas bagian atas harus dilengkapi dengan lampu penerangan.Dan untuk kapal ukuran tertentu, dipasang Gyro compass sebagai kompas tambahan.
Gyrocompass
Gyro compass
C. Peralatan Navigasi lain nya / Other Safety Navigation

Peralatan Navigasi lainnya di kapal :
  1. Lampu isyarat siang hari / daylight signalling lamp (Lampu ini digunakan untuk pemberian isyarat morse pada siang hari, lampu ini juga disebut Aldist lamp. Tenaga lampu ini menggunakan arus DC .
  2. Bel / forecastle bell, digunakan sebagai peringatan keadaan bahaya atau digunakan sebagai tanda pergantian waktu jaga di anjungan .
  3. Suling kapal /ship whistle/fog horn digunakan untuk isyarat bunyi pada saat cuaca kabut .
  4. Bola jangkar dan kerucut / Black ball and black diamond shape, digunakan untuk tanda bahwa kapal pada posisi lego jangkar (kerucut untuk kapal ikan)
D. Perlengkapan Radio / Radio Equipment
Sesuai dengan peraturan SOLAS 1974 seluruh kapal harus dilengkapi dengan perlengkapan Radio, yaitu Radio telephony (untuk kapal dibawah 300 grt) sedangkan untuk kapal GRT 300 keatas harus dilengkapi dengan sistem Radio GMDSS (Global Marine Distres Signal Systim) dengan peralatan terdiri :
  1. Radio telephony lengkap dengan sistim antena yang dapat menerima dan memancarkan freq. 2182 kHz, dan memiliki sumber tenaga batteray.
  2. VHF radiotelephone, ialah perlengkapan radio type tetap
  3. Two way VHF radiotelephone, ialah perlengkapan radio type genggamtahan cuaca/air
GMDSS
 Sesuai dengan peraturan International SOLAS 1974 chapter IV, seluruh kapal dengan GRT 300 keatas harus dilengkapi dengan peralatan GMDSS. GMDSS ialah perangkat lengkap instalasi radio yang terpadu yang dilengkapi dengan sistim Distress. Kelengkapan radio GMDSS dikapal disesuaikan juga dengan Area pelayaran kapal.

Pada GMDSS dilengkapi sistim duplikat, artinya semua perangkat berjumlah 2 unit, sebagai contoh VHF radio utama dan VHF radio duplikat. GMDSS diproduksi oleh pabrik radio kapal secara khusus dan mendapat pengesahan sesuai persyaratan SOLAS e. Peralatan pendeteksi kedalaman laut atau Echo sounder

E. Echo sounder
Echo sounder merupakan peralatan electronic untuk mengetahui dan mengukur kedalaman laut antara lunas kapal dengan dasar laut, peralatan ini sangat dibutuhkan apabila kapal berlayar diperairan dangkal atau perairan yang mempunyai pasang surut yang tinggi. Peralatan ini dipasang dianjungan kapal, penunjukan dapat berupa tabel grafik atau berupa angka digital.

F. GPS (global positioning system)
Gps Merupakan peralatan electronic untuk mengetahui dan menentukan posisi kapal berdasarkan derajat lintang dan bujurnya, sehingga dengan mudah kapal dapat diketahui posisinya secara tepat apabila diplot pada peta. Alat ini bekerja dengan bantuan satelit. GPS juga dapat melihat dan mengikuti jejak pelayaran kapal secara tepat. GPS juga dapat dilengkapi dengan peralatan speed log, pengukur kecepatan kapal.

global positioning system
global positioning system
G. Radar Kapal / Ships radar
Radar kapal adalah merupakan alat elektronik untuk mendeteksi adanya obyek disekitar kapal dalam radius sesuai jangkauan radar 5 mil, 10, 20 bahkan 100 mil Unit radar terbagi dua bagian yang terdiri dari unit monitor yang terpasang dan dapat dibaca diruang anjungan, unit kedua adalah scanner merupakan peralatan yang dapat berputar dan letaknya diatas ruang anjungan atau terpasang pada salah satu tiang diatas anjungan kapal.

H. Engine telegraph, telepon internal dan sistim pengeras suara
  1. Engine Telegraph adalah alat khusus untuk berkomunikasi antara anjungan dan ruang mesin, alat ini untuk memberi isyarat secara visual kebutuhan operasi menjalankan kecepatan mesin induk, misalnya perintah start engine, slow engine, full speed ataupun stop engine.
  2. Engine telegraph bekerja paralel antara anjungan dan kamar mesin, alat ini dilengkapi bagian yang menunjukkan konfirmasi pelaksanaan perintah yang dapat dibaca di anjungan dan kamar mesin, alat ini juga dilengkapi alarm apabila terjadi kesalahan respon
  3. Engine telegraph dipersyaratkan untuk kapal-kapal yang memiliki notasi sesuai klasifikasi, sebelum adanya engine telegraph bahkan sekarang masih digunakan adalah sistim voice tube, suatu tabung untuk meneriakan perintah antara anjungan dan kamar mesin.
  4. Telepon Internal adalah alat untuk berkomunikasi dua arah antara anjungan dan ruang-ruang dikapal atau alat komunikasi antar ruangan. Untuk komunikasi antar anjungan dengan kamar mesin dipasang telepon khusus. Telepon ini harus dipasang di ruang anjungan kamar kapten (Nakhoda), kkm (Kepala kamar mesin) dan perwira dek, ruang salon, ruang kontrol kamar mesin, ruang mesin, dapur, ruang steering gear dan ruang lain yang penting.
Telepon Internal
Telepon Internal
Selain untuk komunikasi, sistim telepon dapat digabung dengan peralatan panggil atau public addressor, yang digunakan untuk memanggil atau memberi perintah secara terbuka melalui pengeras suara diseluruh kapal. Selain telepon Internal, pada saat ini sudah banyak kapal yang dilengkapi dengan telepon satelit, telepon ini menggunakan fasilitas satelit inmarsat. Namun pada saat ini biaya telepon ini masih cukup mahal sekitar USD 20 per menit.

Referensi dari berbagai sumber di google.

ADVERTISE

Related Posts

4 komentar

  1. wah banyak juga yah mas peralatan navigasi kapalnya, susah juga yah mau mempelajarinya soalnya kalau salah bisa bahaya juga yah mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas eka,hanya orang tertentu yang bisa dan boleh untuk mengoprasikan nya :)

      Hapus
  2. wah peralatannya canggih-canggih banget ya mas, jadi bisa menyetir kapal dengan alat-alat tersebut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ririn,suatu alat navigasi yang membantu untuk memudahkan suatu kapal berlayar dari satu tempat ke tempat yang lain :)

      Hapus


EmoticonEmoticon

Tedbree Logo
Admin Biasanya membalas dalam satu jam
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim