√ Mengenal Kayangan Api di Kota Bojonegoro Api Abadi yang Tak Kunjung Padam - Nehandblogs | Tutorial Cara Membuat BLOG Cantik KEREN SEO

Mengenal Kayangan Api di Kota Bojonegoro Api Abadi yang Tak Kunjung Padam

Nehandnews.comMengenal Kayangan Api di Kota Bojonegoro, Api Abadi yang Tak Kunjung Padam !!, Selamat malam sahabat Nehandnews.com, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Kayangan ApiApakah sebelumnya sobat pernah mendengar istilah api abadi? yah api abadi bisa disebut juga dengan api yang terus menyala dan tidak pernah padam, Nah ditempat kelahiran saya yaitu di Kota BojonegoroJawa Timur, ada sumber api yang selalu menyala dan tidak pernah padam seperti yang di maksud. Jika Anda ingin melihatnya, datanglah ke Kayangan Api yang merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di kota Bojonegoro


Kayangan Api di Kota Bojonegoro
Gapura Menuju Kayangan Api
Kayangan Api ini terletak di kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo Kecamatan NgasemKabupaten Bojonegoro,Jawa Timur. Sebuah desa yang memiliki kawasan hutan sekitar 42,29% dari luas desa. Menurut cerita warga sekitar, Kayangan Api ini adalah tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe yang berasal dari kerajaan Majapahit. Di sebelah barat sumber api abadi ini juga terdapat kubangan lumpur yang berbau belerang dan menurut kepercayaan saat itu Mbah Kriyo Kusumo masih beraktivitas sebagai pembuat alat-alat pertanian dan pusaka seperti keris, tombak, cundrik dan lain-lain.

Kayangan Api di Kota Bojonegoro
 Kayangan Api
Sumber Api ini oleh masyarakat setempat di anggap keramat dan menurut cerita, api tersebut hanya boleh diambil jika ada upacara penting seperti yang telah dilakukan pada masa lalu, seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengku Buwono X dan untuk mengambil api melalui suatu prasyarat yakni selamatan/wilujengan dan tayuban dengan menggunakan fending eling-eling, wani-wani dan gunungsari yang merupakan gending kesukaan Mbah Kriyo Kusumo.
Oleh karena itu ketika gending tersebut dialunkan dan ditarikan oleh waranggono tidak boleh ditemani oleh siapapun.

Kayangan Api di Kota Bojonegoro
Kayangan Api
Kayangan Api di Kota Bojonegoro
Kayangan Api di waktu malam hari
Selain terdapat sumber api abadi, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat semburan air bercampur lumpur yang mengandung belerang yang disebut Air blukuthukNamun, semburan tersebut anehnya tidak membahayakan masyarakat yang berada di sekitar lokasi. Air blukuthuk ini dulunya untuk mencuci atau merendam keris yang di buat Mpu Supagati. Bahkan oleh masyarakat sekitar maupun pengunjung lokasi wisata tersebut, air blukutuk tersebut dianggap membawa berkah,karena selain dapat mengobati penyakit juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang datang untuk meminta keberuntungan.

Air blukuthuk
Air blukuthuk
Kayangan Api yang letaknya kurang lebih sekitar 25 km dari ibukota Bojonegoro dijadikan sebagai obyek wisata alam dan dijadikan tempat untuk upacara penting yakni Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro, ruwatan masal dan Wisuda Waranggono. Tempat wisata ini telah dibenahi dengan berbagai fasilitas seperti pendopo, tempat jajanan, jalan penghubung ke lokasi dan fasilitas lainnya.

Lokasi kayangan api ini sangat baik untuk kegiatan sebagai lokasi wisata alam bebas (outbound). Dan pada waktu hari-hari tertentu terutama pada hari Jum'at Pahing banyak orang berdatangan di lokasi ini untuk tujuan dan beberapa maksud tertentu seperti agar usahanya lancar, dapat jodoh, mendapat kedudukan dan bahkan ada yang ingin mendapat pusaka. Acara tradisional masyarakat yang dilaksanakan adalah Nyadran (bersih desa) sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. 
Nah berikut sekilas tentang Kayangan Api di kota Bojonegoro, buat sobat yang kebetulan melintas di kota bojonegoro tidak ada salahnya untuk berkunjung disini, Jangan lupa bawa jagung dan burung dara untuk dibakar disini, dalam jangka waktu beberapa menit pasti akan matang. HEhe..

Berikut video Taman wisata kayangan api :




video Air Blukuthuk di kayangan Api :




ADVERTISE

Related Posts

8 komentar

  1. wah jadi penasaran nih....saya catat dulu alamatnya mas

    BalasHapus
  2. wah...saya mau ke kayangan api ah. biar dapat jodoh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo nyari jodoh di take me out aj mas :>)

      Hapus
  3. wah keren sekali nih info... saya baru denger nih... ternyata jatim menyimpan banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi yah

    BalasHapus
  4. Nang ndi kui panggonane mas :D pingin ngerti aku :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari kota bojonegoro ke arah selatan mas.

      Hapus
  5. @info ponsel Iyah mas bisa dimanfaatkan tentu nya. :37:

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

Tedbree Logo
Admin Biasanya membalas dalam satu jam
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim