√ Kemegahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh - Nehandblogs | Tutorial Cara Membuat BLOG Cantik KEREN SEO

Kemegahan Masjid Raya Baiturrahman Aceh

[gambar : id.wikipedia] [gambar : id.wikipedia]
Jika  bicara tentang aceh, yang tak pernah terlewat adalah Masjid Baiturrahman, bisa dikatakan bahwa masjid ini adalah ikon ataupun landmarknya kota aceh. masjid ini terletak tepat di jantung kota aceh, tentu masih teringat akan musibah gempa dan disusul tsunami pada tanggal 26 desembar 2004, seluruh kota dan sekitar aceh luluh lantak disapu tsunami, suatu keajaiban Masjid Baiturrahman ini masih kokoh berdiri dan menjadi tempat berlindungnya bagi ribuan warga aceh pada saat itu.
Masjid ini dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022. masjid ini pernah terbakar pada tahun 1873 saat terjadi agresi militer belanda dan mulai dibangun lagi pada tahun 1875. masjid ini pertama kali hanya  memiliki 1 buah kubah yaitu pada saat penyelesaian pembangunan pada 27 desembar 1883, dan pada tahun 1935 jumlah kubah bertambah menjadi 3  jumlah ini terus bertambah menjadi 5 buah pada tahun 1968 dan yang terakhir Masjid Baiturrahman sekarang memiliki kubah berjumlah 7 buah.
selain memang digunakan sebagai tempat dilaksanakan kegiatan keagamaan masjid ini kerap dikunjungi para wisatawan yang ingin berfoto ataupun menyaksikan langsung masjid yang tetap kokoh walaupun terjadi tsunami di aceh pada waktu itu. saat malam tiba masjid ini sekilas mirip dengan taj mahal di india kolam di depan masjid dan tebaran lampu di malam hari membuat masjid ini sangat terlihat kokoh dan indah.
tempat ini juga menyumbangkan berbagai kilasan sejarah, banyak sejarah nasional dilaksanakan di masjid ini antara lain menurut sejarah pada saat masih dijajah belanda banyak rakyat aceh yang secara suka rela menyumbangkan harta benda dan di tempat inilah awal mula lahir maskapai penerbangan garuda, pada saat itu Indonesia membeli pesawat untuk pertama kalinya dari sumbangan rakyat aceh yaitu seulawah (RI 1) dan tentu kita masih inggat masalah konflik gam yag sudah berlangsung selama puluhan tahun setelah menandatangani perjanjian perdamaian di Helsinki finlandia, Masjid Baiturrahman juga di gunakan untuk pemilihan kepala daerah untuk pertama kalinya dan salah satu syarat menjadi calon gubarnur adalah bisa membaca AL QUR’AN seleksi tersebut juga dilaksanakan di tempat ini. rakyat aceh memang Agamis tak salah jika aceh mendapat julukan serambi mekah.

ADVERTISE

Related Posts


EmoticonEmoticon

Tedbree Logo
Admin Biasanya membalas dalam satu jam
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim