√ Sekilas Tentang Burung Anis Merah yang Mempesona - Nehandblogs | Tutorial Cara Membuat BLOG Cantik KEREN SEO

Sekilas Tentang Burung Anis Merah yang Mempesona

Sekilas Tentang Burung Anis Merah yang Mempesona. Burung Anis merah atau disebut juga punglor merah atau punglor cacing, yang sering juga disebut anis bata atau punglor bata (Zoothera citrina) tak pelak lagi merupakan burung yang sangat populer di antara para penghobi burung kicau. 

Anis Merah dengan gaya khas nya yang teler sewaktu berkicau, sehingga mampu memberi daya pesona tersendiri.

Burung Anis Merah 
Anis Merah tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tetapi juga di banyak negara tetangga, seperti di Vietnam, Thailand, Srilanka, Laos, China, Bangladesh, Cambodia, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan.

Jumlah Anis Merah di seluruh tempat hidupnya diperkirakan tidak mengalami penurunan lebih dari 30% dalam 10 tahun terakhir, sehingga salah satu lembaga pelestari burung internasional (Birdlife international) masih merekomendasikan burung ini dicatat dengan status belum terancam punah (Least Concern) pada daftar burung-burung terancam punah di seluruh dunia (IUCN Red List) tahun 2008.

Anis Merah Teler Doyong
Burung Anis Merah 

Meski demikian, jumlah Anis Merah di Jawa diperkirakan telah menurun dengan sangat tajam akibat maraknya perburuan burung untuk dijual sebagai burung peliharaan .

Sementara itu di seluruh daratan asia tenggara jumlah burung anis merah dikhawatirkan akan terus menurun akibat semakin sedikitnya daerah berpohon. Secara internasional, anis merah pertama kali dideskripsikan atau diberi nama ilmiah oleh John Latham pada tahun 1790 dengan nama Turdus citrinus. 

Perbedaan kenampakan Anis Merah yang terdapat di berbagai tempat membuat para ahli burung membedakan jenis ini menjadi beberapa ras, namun Rasmussen dan Anderton (2005) menyatakan bahwa terdapat kemungkinan adanya beberapa jenis dalam 12 ras.

Anis Merah Teler Doyong
Burung Anis Merah 

Di Indonesia, daerah penyebaran burung anis merah terdapat di daerah Bali, Sumatra, Jawa, Kalimantan. Di Sumatra diperkirakan merupakan pendatang (migran) dari daratan Asia. 

Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina.

Karena anis merah adalah burung monomorfik, maka perbedaan jantan dan betina anis merah tidak bisa dibedakan dengan melihat ciri-ciri fisik yang terlihat.

Banyak “mitos” yang menyebutkan ciri fisik tertentu adalah menandakan jenis kelamin anis merah. Namun sesungguhnya sangat sulit menentukan jenis kelamin anis merah dewasa hanya berdasar pengamatan.

Anis Merah Teler Doyong
Burung Anis Merah 

Meski demikian ada patokan yang sering digunakan orang untuk memilihnya meski tidak akurat 100%. Misalnya, anis merah jantan memiliki warna merah yang lebih terang dan tajam ketimbang anis merah betina. demikian pula dengan warna hitamnya lebih legam.

Ada juga cara menentukan jenis kelamin anis merah dengan meraba kloaka untuk mengetahui kerapatan tulang supitnya. Jika rapat dan terasa runcing, jantan. Jika agak lebar dan lembek, betina.

Sementara perbedaan lain bisa dilihat dari tingkah lakunya. Untuk burung Anis merah jantan akan terlihat mendongak-dongakkan kepala jika bertemu anis merah lain. 

Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan perilaku demikian. Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan mengetar-getarkan sayap dan mendongak.

Burung Anis Merah
Burung Anis Merah 

Source


Sekilas Tentang Burung Anis Merah yang Mempesona
tags : Anis Merah Teler Doyong, Anis Bata, Punglor Merah, Punglor Cacing, Jenis anis Merah, Cara Perawatan Anis Merah supaya Gacor dor, Makanan anis merah, Memilih bakalan anis merah yang baik, Cara membedakan Anis merah jantan dan Betina, Suara Anis merah, Anis Merah MP3, Harga Anis Merah.


ADVERTISE

Related Posts

7 komentar

  1. Wah saya mah baru denger nie mas nama burung anis merah ini, bener-bener cantik dan mempesona ya burungnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sangat mempesona burung anis ini, sama seperti judulnya. Hehe

      Hapus
  2. cantik sekali ya burung nya, pasti harga nya mahal banget tuh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lumayan mahal mbak, belum bisa berkicau harganya di atas 500rb.

      Hapus
  3. mau pelihara takut ga keurus , tapi keren juga warnanya

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

Tedbree Logo
Admin Biasanya membalas dalam satu jam
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Kirim